Buat Para Orang Asing


Dari Abu Hurairah radhiallaahu 'anhu, dia berkata: Rasulullah Shallallâhu 'alaihi wasallam bersabda: "Islam dimulai dalam kondisi asing, dan akan kembali sebagaimana ia dimulai (sebagai sesuatu yang) asing; maka berbahagialah bagi kaum ghuraba' (orang-orang yang asing tersebut)". [H.R.Muslim]

Saudaraku…

Semakin kokoh kita di jalan ini maka kita akan menjadi semakin aneh buat orang-orang. Entah apa yang terjadi dengan mereka. Padahal kita memiliki mata yang sama dengan mereka. Kita masih memiliki hidung yang bisa menghidu sama seperti mereka. Kita memiliki tangan dan kaki yang tidak jauh berbeda dengan mereka. Sejatinya kita dan mereka adalah manusia dan kita sama.

Berbahagialah Saudaraku…

Ternyata yang membuat kita aneh adalah karena keistiqamahan kita. Kita selalu memurnikan akidah kita. Kita selalu meningkatkan nilai ibadah kita. Kita memiliki prinsip berakhlak mulia dan selalu menghindari fitnah-fitnah. Mereka menganggap kita aneh dengan semua hal ini.

Saudaraku… Sebenarnya tidak ada yang aneh…

Kita saja yang berada dalam lautan kejahiliyahan. Sering kita dianggap tak sesuai dan ketinggalan zaman. Kita saja yang berada dalam awan kezaliman. Sering kita ditindas dan diperlakukan sewenang-wenang dan sepihak. Kita saja direlungi angin-angin ketidakadilan. Sering kita dianggap sesat dan menyalahi aturan agama.
Kebanyakan mereka tidak mengetahui…

Bersabarlah… Wahai Saudaraku…

Selama kita memegang ad-dien al-haq memang itu yang kita dapatkan. Selama kita mencintai Allah SWT dan rasul-Nya maka janji Allah SWT adalah benar. Ridho Allah SWT pada orang-orang yang tetap berpegang teguh pada Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Saudaraku…
Karena kita adalah insan yang peduli terhadap saudara-saudara kita, maka hidup gembiralah dalam keterasingan. Berjuanglah untuk meniadakan keterasingan itu. Ajaklah mereka karena kebanyakan mereka tidak mengetahui. Tularkanlah kepada mereka nikmatnya iman. Sampaikanlah pada mereka tentang manisnya akhlak.

Dan jangan pernah Engkau ragu karena keterasingan ini. Rabb kita berfirman:

"Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang dimuka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan-Nya..." (Q.S. 6:116).

Tetaplah menjadi orang-orang yang lurus dan meluruskan. Berbahagialah…berbahagialah karena kita kaum Ghuraba’

2 Responses to "Buat Para Orang Asing"

Silahkan berkomentar