Fadhilah dan Keutamaan Umar (bagian I)



Sahabat, ada sekelompak orang yang mengatasnamakan diri mereka Islam, tapi dalam perkataan dan amalannya mengkafirkan sahabat nabi, termasuk Umar ibnu Khaththab yang sesungguhnya sangat mulia dan jauh dari anggapan mereka.

Berikut saya sharing tentang keutamaan Umar bin Al-Khaththab:

Imam al-Bukhari berkata, bab Manaqib Umar bin al-Khaththab, AbuHafsh al-Qurasy, ad-'Adawi
1) Umar ra. Adalah Penduduk Surga




1. Diriwayatkan dari Said Ibnu al-Musayyab bahwa Abu Hurairah berkata,
"Ketika kami berada di sisi Rasulullah saw. tiba-tiba beliau berkata,
"Sewaktu tidur aku bermimipi seolah-olah aku berada di surga. Kemudian aku melihat seorang wanita berwudhu di samping sebuah istana, maka aku bertanya, "Milik siapa istana ini?" Mereka menjawab, "Milik Umar." Maka aku teringat akan kecemburuan Umar, segera aku menjauhi istana itu. "Umar ra. menangis dan berkata, "Demi Allah SWT., mana mungkin aku akan cemburu padamu wahai Rasulullah saw.?"

2. Diriwayatkan Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah saw.  menaiki gunung Uhud beserta Abu Bakar ra., Umar ra., dan Utsman ra.. Maka tiba-tiba gunung itu bergoncang, segera Rasulullah saw. memukulkan kakinya dan berkata,
"Diamlah wahai Uhud sesungguhnya di atasmu hanyalah seorang Nabi, shiddiq, dan dua orang syahid."

3. Diriwayatkan dari Anas  bahwa seorang lelaki pernah bertanya kepada Nabi saw tentang hari kiamat. Ia bertanya,"Kapan datangnya hari Kiamat?" Maka Rasulullah saw. kembali bertanya padanya,
"Apa yang telah engkau persiapkan untuk hari itu?" Ia menjawab,"Aku tidak memiliki persiapan apapun, hanya saja aku mencintai Allah SWT. dan Rasul-Nya." Maka Rasulullah saw. bersabda,
"Engkau kelak akan dibangkitkan beserta orang-orang yang kau cintai. "Anas berkata, "Tidaklah kami merasa senang kecuali setelah mendengar sabda Nabi,
"Engkau kelak akan dibangkitkan beserta orang-orang yang engkau cintai. "Anas berkata, "Aku mencintai Nabi saw, Abu Bakar ra. serta Umar ra.. Aku berharap agar dapat dikumpulkan beserta mereka, walaupun aku tidak mampu beramal seperti mereka."

4. Diriwayatkan Abu Musa ia berkata, "Aku bersama Rasulullah saw., disalah satu kebun di kota Madinah. Tiba-tiba datang seorang lelaki minta dibukakan pintu, maka Rasulullah saw. berkata,
"Bukakan pintu untuk orang itu dan beritakan baginya kabar gembira berupa surga."
Maka aku buka pintu dan ternyata orang itu adalah Abu Bakar. Segera aku beritahukan kepadanya apa yang telah dikatakan oleh Rasulullah saw. untuknya. Abu Bakar mengucapkan pujian kepada Allah SWT.. Tak lama setelah itu datang seseorang minta diberi izin masuk, maka Rasulullah saw. berkata,
"Bukalah pintu dan beritakan baginya berita gembira berupa surga."
Aku segera membuka pintu dan ternyata orang itu adalah Umar ra., maka aku beritahukan kepadanya apa yang dikatakan Nabi untuknya. la juga mengucapkan pujian kepada Allah SWT.. Kemudian datang lagi seseorang ingin masuk, maka Rasulullah saw. berkata padaku,
"Bukakan pintu untuknya dan beritakan kabar gembira kepadanya berupa surga dan berita musibah yang kelakakan menimpanya."
Ketika aku membuka pintu ternyata orang tersebut adalah Utsman, maka aku segera memberitakan kabar gembira untuk nya dan berita musibah yang kelak akan menimpanya, maka dia memuji Allah SWT. dan berkata, "Allah al-Musta 'aan (hanya kepada Allah SWT. aku memohon pertolongan)."

2) Keutamaan Ilmu Umar ra.
5. Diriwayatkan   dari   az-Zuhri   dia   berkata, Aku diberitahukan oleh Hamzah dari bapaknya bahwa Rasulullah saw. bersabda,
"Ketika aku tidur maka aku bermimpi meminum yaitu susu hingga aku melihat bekas-bekas susu tersebut melekat pada kuku-kuku ku kemudian aku berikan kepada Umar."
Mereka bertanya, "Apa takwilnya wahai Rasulullahsaw.?" Maka Rasulullah saw. menjawab,
"Ilmu."

3) Luasnya Penyebaran Islam Pada Masa Umar ra.
6.  Diriwayatkan   dari   Abdullah  bin   Umar ra.  bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda,
"Aku bermimpi sedang mengulurkan timba ke dalam sebuah sumur yang ditarik dengan penggerek, maka datanglah Abu Bakar mengambil air dari sumur tersebut satu atau dua timba dan terlihat dia begitu lemah menarik timba tersebut -semoga Allah SWT. mengampuninya-. Setelah itu datanglah Umar bin al-Khaththab ra. mengambil air sebanyak-banyaknya, aku tidak pernah melihat seseorang pemimpin abqari yang begitu gesit hingga seluruh manusia dapat minum sepuasnya dan memberikan minum unta-unta mereka."

bersambung...
Simak fadhilah dan keutamaan khalifah Umar RA di Serial Umar Ibnu Al-Khaththab

sumber:
Al Bidayah wan Nihayah Ibnu Katsir
Shohih Bukhari (poin 1 hingga 6 di atas) dalam bab Manaqib Umar
Gambar di google.com

0 Response to "Fadhilah dan Keutamaan Umar (bagian I)"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar