Bimbingan Singkat Amalan Haji Bagian Ke - 4

Bimbingan singkat amalan haji | Amalan haji malam tanggal 10 Dzulhijjah s/d pagi
  1. Meninggalkan 'Arofah dengan tenang tanpa tergesa-gesa menuju Muzdalifah setelah tenggelam matahari, dan tidak boleh meninggalkan 'Arofah sebelum terbenam matahari.
  2. Terus mengucapkan talbiyah dan takbir dalam perjalanan.
  3. Setelah sampai Muzdalifah, yakinkan sudah berada dalam batas Muzdalifah, dan jangan terkecoh dengan banyaknya orang duduk atau tidur di sebuah tempat, karena belum tentu mereka berada di Muzdalifah.
  4. Sesampai Muzdalifah sholat Maghrib dan 'Isyâ' dengan jama' qoshr, satu adzân dan dua iqômah, tanpa ba'diyyah Maghrib dan ba'diyyah 'Isyâ'.
  5. Apabila takut tidak sampai ke Muzdalifah kecuali pertengahan malam maka sholat Maghrib dan Isya di 'Arofah atau di perjalanan menuju Muzdalifah.
  6. Setelah sholat jama'ah haji beristirahat sampai Shubuh, dan tidak menghidupkan malam dengan mendengarkan ceramah, atau membaca Al Qur'ân, atau sholat malam dll. Kecuali sholat witir dan dua rokaat sebelum Shubuh karena dahulu Nabi shollallôhu 'alaihi wa sallam tidak meninggalkannya.
  7. Bermalam di Muzdalifah adalah KEWAJIBAN haji menurut jumhur ulama.
  8. Mengambil kerikil untuk melempar Jumroh 'Aqobah dilakukan di pagi hari ketika akan menuju Mina, dan tidak disunnahkan dicuci.
  9. Orang yang sampai di Muzdalifah sebelum pertengahan malam wajib bermalam sampai pertengahan malam.
  10. Waktu sholat Maghrib di Mekkah sekarang adalah jam 18.17 dan waktu sholat Shubuh adalah  04.54. Pertengahan malam kurang lebih jam 23.36 (jam 11 lebih 36 menit).
  11. Wanita, anak-anak, orang-orang lemah, dan yang mengurus mereka seperti mahrom, dan sopir diberi keringanan meninggalkan Muzdalifah di akhir malam sebelum Shubuh. 
  12. Mengerjakan shalat Shubuh di awal waktu kemudian berdzikir dan berdoa dengan menghadap kiblat sampai terang.
  13. Meninggalkan Muzdalifah, dianjurkan sebelum matahari terbit, dan dibolehkan setelah terbit Matahari.


Semoga Allôh menerima amal ibadah kita semua.


Sumber :
Abdullôh Roy, MA
Pengajar di Masjid Nabawi Musim Haji 1436 H/2015 M

0 Response to "Bimbingan Singkat Amalan Haji Bagian Ke - 4"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar