Mutiara Hadits : Bertaqwalah Dimanapun Engkau Berada

Mutiara Hadits : Bertaqwalah Dimanapun Engkau Berada

Hadits
قال النبي صلى الله عليه وسلم : اتق الله حيثما كنت وأتبع السيئة الحسنة تمحها وخالق الناس بخلق حسن. رواه الترمذي
(Lihat Shahihul Jami' No.97)

Faedah Hadits
Hadits ini berisi dua pokok pembahasan penting, yaitu hak Allah atas hamba-Nya dan hak sesama makhluk.

Adapun yang pertama (yaitu yang terkait dengan hak Allah) maka yang dimaksud adalah agar hamba senantiasa bertakwa kepada Allah, dimana pun dan kapan pun, selagi dia masih hidup di dunia ini.
Dan wasiat takwa merupakan wasiat yang terus disampaikan oleh seluruh Nabi dan Rasul yang diutus.

Secara ringkas, takwa adalah menjalankan perintah Allah - yang wajib ataupun sunnah - dan menjauhi larangan-Nya - yang haram ataupun makruh -, baik yang terkait dengan ucapan maupun perbuatan, amalan zhahir maupun batin.


Kemudian, ketika hamba menyadari bahwa dia tidak bisa secara sempurna menerapkan takwanya (maknanya ia tidak terlepas dari salah dan dosa), maka Allah memerintahkan agar ia berbuat kebaikan dengan segala macam bentuknya karena hal tersebut bisa menghapus kesalahan atau kekurangan yang terjadi.

Sedangkan yang kedua (yang terkait hak sesama makhluk) terkandung dalam anjuran untuk berakhlak baik kepada seluruh manusia.

Sehingga siapapun yang mampu menerapkan takwa dengan sebenar-benarnya dan pandai menyikapi manusia - dengan segala perbedaannya - dengan akhlak yang baik, maka ia telah memperoleh seluruh kebaikan. Hal itu karena ia bisa memenuhi hak Allah dan hak sesama makhluk, dan juga karena ia tergolong orang yang berbuat ihsan dalam beribadah dan bermuamalah.




Sumber:
@Program JODOH

0 Response to "Mutiara Hadits : Bertaqwalah Dimanapun Engkau Berada"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar