Mutiara Hadits : Doa Adalah Ibadah

Mutiara Hadits : Doa Adalah Ibadah

Hadits

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : الدعاء هو العبادة. رواه أبو داود والترمذي واحمد.
(Lihat Shahihul Jami' No. 3407)

Faedah Hadits
Hadits ini semakna dengan firman Allah Ta'ala dalam Al Quran surat Ghafir ayat 60 :

وقال ربكم ادعوني أستجب لكم إن الذين يستكبرون عن عبادتي سيدخلون جهنم داخرين

Doa terbagi menjadi 2 : doa ibadah dan doa masalah.

Perlu diketahui bahwa keduanya saling berkaitan karena di dalamnya terkandung maksud pendekatan diri kepada Allah, baik dengan meminta agar didatangkan suatu manfaat dan ditolak suatu mudhorot (dan inilah makna doa masalah) atau dengan beribadah kepada-Nya dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya (dan inilah makna doa ibadah).

Sehingga -dengan pengertian diatas- ibadah ini hanyalah untuk Allah dan tidak boleh ditujukan kepada selain-Nya. Bila hal itu terjadi - ditujukan kepada selain Allah - maka ia telah berbuat syirik besar.


Gambarannya:
Seseorang yang memalingkan suatu ibadah kepada selain Allah, semisal bersujud kepada selain Allah, menyembelih bukan atas nama Allah, dll disertai pengagungan dan pendekatan diri kepadanya, maka ia telah berbuat syirik karena hal tersebut -ibadah disertai rasa pengagungan pendekatan diri - merupakan kekhususan sifat uluhiyah Allah. Dan dia - dengan perbuatannya itu - telah menjadikannya sebagai tandingan Allah.

Dan juga seseorang yang berdoa, meminta kepada si mayit atau meminta hal-hal yang tidak bisa dipenuhi kecuali hanya Allah yang mampu mengabulkannya, semisal meminta diluaskan rezeki, dimudahkan segala urusan, dijauhkan dari bala bencana dll maka ia telah berbuat syirik besar. Mengapa? Karena ia tidak mungkin melakukan hal demikian kecuali berdasarkan keyakinannya bahwa pihak yang diminta memiliki kemampuan mengatur urusan alam semesta. Padahal, hanya Allah satu-satunya Dzat yang mencipta, memiliki dan mengatur alam semesta.

Dan syirik dalam doa merupakan hal yang sering banyak terjadi ditengah-tengah masyarakat. Bahkan, bisa dikategorikan sebagai sumbernya syirik.
Dan selayaknya bagi seorang muslim untuk membentengi dirinya, keluarganya, dan masyarakat disekitarnya dari bahaya syirik. Yaitu dengan memahami makna dan hakikat tauhid serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.





Sumber:
@Program JODOH

0 Response to "Mutiara Hadits : Doa Adalah Ibadah"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar